post

duha.co.id – Apakah Anda suka makan sawi hijau? Ternyata mustard mengandung banyak nutrisi yang tidak banyak kita ketahui. Mereka memiliki nutrisi yang sangat tinggi dalam sawi atau sawi putih.

Sawi  adalah sayuran yang sangat mudah ditemukan. Mustard biasanya digoreng dengan cara dicampurkan. Kiita tidak hanya melihat sawi tumis ini, tetapi sering disajikan dalam mie ayam. Selain rasa yang lezat, manfaat sayuran mustard berukuran raksasa terkait erat dengan tingginya kandungan nutrisi mustard. Sami mengandung fitonutrien yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Manfaat sawi untuk kesehatan

1. Atasi peradangan dan penumpukan plak di arteri

Keuntungan pertama dari sayuran adalah mengatasi peradangan. Sawi mengandung fitonutrien, crosscetin, yang membantu mengatasi proses inflamasi. Selain itu, keduanya juga membantu mencegah timbulnya plak di arteri.

2. Membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh

Keuntungan berikutnya dari sawi sayur adalah pemeliharaan kolesterol dalam darah. Dalam sawi hijau, serat ini mengandung banyak serat dan membantu mengontrol kadar kolesterol darah.

3. Sumber antioksidan

Mustard, yang masih segar, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain antioksidan, mustard ini mengandung mineral lain seperti vitamin A, C, E, karoten dan mineral lainnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, seng, kalium, selenium, dan mangan.

4. Cegah kanker

Sawi memiliki kandungan klorofil yang tinggi dalam daun hijau gelap. Kandungan klorofil dalam mustard dapat menghambat efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang terjadi selama memasak atau pembakaran makanan.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Tingkat kandungan antioksidan dalam mustard bermanfaat sebagai alpha lipoic acid, yang berguna untuk mengurangi konsentrasi gelas dalam darah. Tingkat ini juga meningkatkan sensitivitas insulin dan juga mencegah stres oksidatif.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat sayuran pareKandungan Vitamin A dalam mustard sangat baik untuk kulit. Vitamin A diperlukan untuk menghasilkan sebum, yang melembabkan rambut. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk proses pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam mustard bermanfaat untuk konstruksi dan pemeliharaan kolagen, yang memberi struktur pada kulit dan rambut.

7. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi

Kandungan vitamin C dalam mustard jauh lebih tinggi dari pada jeruk. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

8. Bantuan dengan program diet

Sawi memiliki kandungan kalori yang agak rendah, tetapi mustard ini memiliki kandungan serat yang agak tinggi. Kandungan serat mustard yang tinggi mendukung proses pencernaan kita. Karena itu, mustard sangat baik sebagai hidangan utama untuk diet.

9. Berguna untuk ibu hamil

Sawi memiliki kandungan asam folat yang agak tinggi. Asam folat ini mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Penggunaan mustard selama kehamilan sangat dianjurkan karena tingginya konsentrasi nutrisi dalam mustard.

10. Pelestarian kesehatan tulang

Mustard juga mengandung banyak vitamin K. Vitamin K membantu menjaga massa tulang yang sehat dan mencegah osteoporosis dini.

Efek samping dari sayuran mustard
Mustard green mengandung zat berkarbonasi yang dapat menyebabkan pembengkakan tiroid. Bagi penderita penyakit tiroid, disarankan untuk tidak berlebihan dengan sawi sayur ini.

Pada pasien dengan batu ginjal oksalat, konsumsi mustard sangat dianjurkan selain pasien tiroid.

Baca Lainnya:

STRUKTUR OTAK BESERTA FUNGSI MASING-MASING

CARA MEMPERBAIKI CACAT JANTUNG