post

Tidak hanya enak, alpukat juga dipercaya bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol tinggi. Alpukat mudah didapat dan bisa dikombinasikan dengan makanan lain. Siapa pun dapat menikmati alpukat, sambil mendapatkan manfaat sehatnya.

Makan alpukat membantu tubuh menyerap nutrisi, termasuk mengendalikan sirkulasi kadar kolesterol dalam darah. Jika Anda salah satu dari mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, makan alpukat dapat membantu menstabilkan mereka.

Manfaat alpukat untuk kolesterol

Apakah Anda suka makan daging tanpa serat offset? Mungkin saja kadar kolesterolnya berlebihan.

Produk daging, terutama yang diolah menjadi makanan cepat saji, mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Meskipun produk daging cukup lezat, kandungan kolesterol tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Meski begitu, tidak semua makanan berlemak buruk bagi kesehatan Anda. Misalnya, alpukat. Menurut American Heart Association, alpukat membantu tubuh mengurangi kadar LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Alpukat juga merupakan sumber MUFA (lemak tak jenuh tunggal) yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin, mineral, serat, pitosterol (komponen yang dapat menghambat penyerapan kolesterol) dan antioksidan. Bahan-bahan ini bekerja bersama untuk mencegah kanker dan masalah jantung di tubuh manusia.

Alpukat mengurangi kolesterol pada orang gemuk

Memasukkan alpukat dalam makanan adalah cara terbaik untuk mengurangi kadar kolesterol, terutama bagi orang gemuk. Menurut sebuah penelitian di Journal of American Heart Association, konsumsi alpukat dapat membuat partisipan tidak cepat lapar.

Studi ini melibatkan 45 orang sehat (wanita dan pria) dengan kondisi kelebihan berat badan. Para peserta yang terlibat berusia antara 21 dan 70 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing melakukan tiga diet rendah kolesterol selama 5 minggu.

Kelompok pertama diminta menjalani diet rendah lemak tanpa alpukat. Kelompok kedua menjalani diet alpukat. Kelompok ketiga menjadi sasaran diet moderat lemak dengan konsumsi alpukat Hass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konsumsi alpukat berperan dalam diet, mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Setelah penyelidikan, hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi makanan rendah lemak tanpa konsumsi alpukat memiliki tingkat kolesterol terburuk, dibandingkan dengan peserta yang mengikuti diet alpukat.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa diet moderat lemak dengan konsumsi alpukat dapat mengurangi 13,5 mg LDL. Sementara itu, diet bebas lemak tanpa alpukat dapat mengurangi 8,3 mg LDL. Peserta dalam diet rendah lemak dapat mengurangi kadar kolesterol sebesar 7,4 mg LDL.

Mengingat penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

Mulai diet sehat dengan alpukat

Diet termasuk alpukat dalam menu hari ini menjadi ide sehat untuk menjaga kolesterol dalam tubuh Anda.

Selain mengurangi makanan olahan, untuk memulai diet ini, Anda dapat menggabungkan potongan alpukat dengan salad, sayuran, sandwich atau makanan protein rendah lemak (ayam atau ikan).

Menurut American Heart Association, metode yang disarankan adalah mengadopsi diet Mediterania dengan menambahkan alpukat. Diet Mediterania ini biasanya disajikan dengan makanan berbasis gandum, ikan berlemak, sayuran, buah dan makanan lain yang mengandung MUFA.

Jadi Anda masih bisa menikmati diet sehat dengan cara yang menyenangkan. Berkat manfaat alpukat.

Baca Juga :